cerita Lahirnya SMS, 20 Tahun yang lalu

Tanpa terasa teknologi SMS yang kita kenal sampai dengan saat ini, kemarin berulang tahun yang ke 20. Ya, benar. Dunia mencatat SMS pertama kali dikirimkan oleh Neil Papworth, seorang insinyur berkebangsaan Inggris. SMS yang berisikan ucapan “Merry Christmas” itu dikirimkan Neil kepada Richard Jarvis, direktur Vodafone. Neil tidak menyangka bahwa tugas yang diembannya untuk mengirimkan sms ini menorehkan namanya dalam sejarah komunikasi selular.

SMS nampaknya seperti teknologi yang sederhana dan terbatas dengan 160 karakter. Tetapi teknologi ini membawa perubahan besar dalam gaya hidup kita baik secara positif maupun negatif. Ada nyawa yang terselamatkan dan tidak sedikit juga nyawa melayang karena kecerobohan pengguna teknologi ini. Ada yang mendapat pacar, ada pula yang sebaliknya. Bahkan tidak sedikit juga yang kehilangan pekerjaan karena penggunaan teknologi ini. Banyak cerita nyata seabrek bisa kita dapatkan di internet. Itulah teknologi, semua berpulang pada kita sebagai penggunanya. Tapi kita tidak berbicara mengenai hal ini lho.

foto seorang dokter ahli bedah di Afrika yang sukses melakukan operasi dituntun via sms oleh koleganya di London.

Bagaimana SMS berawal mula ?

Konon ceritanya, ide sms tercetus ketika tiga insinyur muda yang bekerja di Tele Finland, yakni Matti Makkonen, Juhani Tapiola, dan Seppo Tiainen sedang makan pizza sambil minum bir di sebuah kedai Pizza di Copenhagen. Kejadiannya sekitar tahun 1982. Ketiganya saat itu sedang mengikuti pertemuan FMC – Future Mobile Communication. Inti pada pertemuan tersebut adalah membicarakan mengenai peluang sistem telpon digital di masa mendatang. Pada masa itu paging merupakan teknologi yang popular dalam pengiriman pesan. Hanya saja teknologi ini masih dirasakan kurang interaktif karena pesan yang diterima tidak dapat langsung dijawab. Penerima harus menelpon operator penyedia jasa untuk membalas pesan yang diterima. Hanya operator penyedia jasa yang memiliki perangkat pengirim pesan. Di kedai pizza itulah ketiga pemuda ini mencoba menggali bagaimana pesan bisa diterima dan kemudian membalas pesan tersebut tanpa perlu melalui operator. Tidak jelas bagaimana ide ini bergulir, tapi sebuah sumber menyatakan ketiga pemuda ini sempat melontarkan istilah Textinapellin, yang kurang lebih berarti Pengetik Pesan.

Matti Makkonen yang lebih dikenal daripada kedua rekannya itu, sempat risih mendapatkan gelar sebagai Bapak Text Messaging Dunia. Baginya ide itu adalah sekedar hasil pemikiran atas kebutuhan yang diinginkan konsumen manapun. Ia juga tidak berpikir untuk mempatenkan idenya yang bisa membuatnya sangat kaya saat ini. “Fitur SMS muncul merupakan hasil dari kerjasama internasional secara luas dan terbuka. Dokumentasi GSM menunjukkan bahwa layanan ini ada di proposal Jerman dengan Perancis,” begitu katanya.

Thomas Beijer, seorang insinyur berkebangsaan Swedia yang banyak terlibat dalam proyek standarisasi perangkat komunikasi selularl mengatakan bahwa embrio sistem pengiriman pesan sederhana sebenarnya sudah ada pada NMT 450. Mereka yang terlibat dalam pengembangan sistem ini secara bergurau menamakannya sebagai Data Orang Miskin (Poor Man”s Data). Mungkin karena terlalu singkatnya pesan yang dapat dikirimkan.

NMT (Nordic Mobile Telephony) adalah sistem telpon selular otomatis yang diberikan cuma-cuma ke seluruh operator telpon selular di seluruh

dunia yang membutuhkan adanya manual standarisasi jaringan telpon selular. Spesifikasi NMT juga diberikan secara cuma-cuma kepada produsen perangkat komunikasi termasuk juga NMT 450, yang bermain di frekuensi 450 mHertz. NMT-450 adalah sistem jaringan generasi pertama yang berbasis analog (amps).

telpon analog NMT pertama di tahun 1982

 

 

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak di CATATAN PENGUNJUNG

sumber : LA TimesFlash ,  Wikipedia, Teliasonerahistory.com, duniasains.com

Iklan

saya cinta Indonesia

Ditulis dalam Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

STATISTIK
  • 265,990 Kunjungan