Peneliti: Siklus Banjir Lima Tahunan Hanya Mitos

Warga berjalan melintasi banjir dengan berpegangan tali saat banjir merendam kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur. FOTO: EPA/MAST IRHAM

Warga berjalan melintasi banjir dengan berpegangan tali saat banjir merendam kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Suatu terjemahan yang buruk sekali. Sebenarnya hanya istilah statistik dari analisis frekuentif untuk desain bencana.

Banyak warga Jakarta yang percaya, banjir besar yang melanda ibukota setiap lima tahun sekali merupakan sebuah siklus rutin. Namun, menurut seorang peneliti air post-doctoral Universitas Utrecht, Belanda, Edwin Husni Sutanudjaja, hanya mitos.

“Istilah itu sebenarnya adalah suatu terjemahan yang buruk sekali. Istilah ini hanya istilah statistik dari analisis frekuentif yang digunakan untuk desain bencana,” kata Edwin, Sabtu (12/1), di ruang sinema IFI, Salemba, Jakarta Pusat.

Menurut Edwin, banjir merupakan kejadian acak yang besar-kecilnya hanya berdasarkan kemungkinan, bukan siklus. Sebagai peneliti, ia pernah mencoba menganalisis debit air  setiap banjir yang terlampaui setiap tahunnya, dengan hasil nilai probabilitas sebesar 20 persen.

“Probabilitas banjir (debit) rencana itu terjadi (atau terlampaui) pada tiap-tiap tahun adalah 20 persen. Dengan kata lain, debit banjir sebesar 20 persen itu tidak hanya terjadi setiap lima tahun sekali, namun setiap tahun. Hanya saja, dalam perbedaan kuantitas yang berbeda,” jelasnya dalam diskusi 10 Mitos atau Hal-hal yang Terabaikan tentang Banjir di Jakarta.

Banjir yang kerap kali terjadi di Jakarta sering dinilai sebagai bagian dari siklus banjir lima tahunan. Pada Desember 2012 lalu misalnya, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono pun sempat meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengambil langkah preventif dalam mengatasi peristiwa yang disebutnya sebagai bagian dari siklus lima tahunan itu.

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak di CATATAN PENGUNJUNG

Sumber : http://www.beritasatu.com

saya cinta Indonesia

Ditulis dalam Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

STATISTIK
  • 255,193 Kunjungan