Mari Elka Pangestu Menjadi Kandidat Pengganti Direktur Jenderal WTO

Jakarta – Pejabat Indonesia masuk ke dalam kandidat pemimpin tertinggi di World Trade Organization (WTO). Dia adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu yang juga mantan Menteri Perdagangan.

Mari menjadi kandidat pengganti Direktur Jenderal WTO sekarang Pascal Lamy yang masa jabatannya habis Agustus 2013. Pencalonan Mari menjadikannya wanita kedua calon pemimpin WTO.

Dikutip dari Reuters, Kamis (20/12/2012), Mari pernah menempuh studi di Australia dan memperoleh gelar doktor di bidang perdagangan internasional dari Universitas California. Calon pemimpin WTO lain adalah Alan Kyerematen dari Ghana dan Anabel Gonzales dari Costa Rica.

Selama 17 tahun WTO berdiri, posisi Dirjen selalu dipimpin oleh laki-laki, dan hanya satu yang berasal dari negara berkembang. Pencalonan Mari bakal mengejutkan banyak diplomat perdagangan. Karena Mari tidak masuk sebagai salah satu nama yang dijagokan.

Mari pernah menjabat sebagai menteri perdagangan selama 7 tahun, hingga akhirnya kena reshuffle pada Oktober 2011 dan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pelaksanaan pemilihan ini akan dimulai akhir Januari 2013, dan pemenangnya akan ditentukan dalam konsesus anggota WTO di 31 Mei 2013.

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak di CATATAN PENGUNJUNG

Sumber : http://finance.detik.com

Iklan

saya cinta Indonesia

Ditulis dalam Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

STATISTIK
  • 265,970 Kunjungan