Cara Mengatasi Stretch Marks

STRETCH MARKS adalah peregangan jaringan kulit melebihi batas elastisitasnya terutama bagian perut, paha, panggul dan payudara seiring dengan pertumbuhan janin, usia kehamilan dan pertumbuhan berat badan. Stretch marks akan menimbulkan guratan-guratan halus yang terkadang membekas bahkan setelah persalinan.

Terkadang stretch marks ini sangat menggangu, selain karena bekasnya, juga karena timbul rasa gatal. Cara meminimalisir atau mengurangi stretch marks adalah dengan menggunakan krim anti stretch marks sejak awal kehamilan. Krim ini dapat melembabkan kulit dan meremajakan sel-sel kulit, sehingga kulit tidak mudah “robek” saat meregang. Selain itu, bisa juga melakukan beberapa tips di bawah ini:

  1. Minum delapan atau lebih gelas air dan / atau cairan lainnya setiap hari untuk melembabkan kulit dan mempertahankan elastisitas.
  2. Jangan berjemur di bawah sinar matahari yang akan membuat kulit semakin kering.
  3. Makan makanan yang sehat dan bergizi. Dan tambahkan dengan mengkonsumsi vitamin. Karena ketika hamil sebagian besar nutrisi ibu akan diberikan kepada janin diperut ibu, sehingga diperlukan penambahan nutrisi untuk menjaga kecukupan gizi untuk si ibunya sendiri.
  4. Gunakan cream/lotion alami pencegah stretch marks, biasanya cream ini kandungan utamanya adalah cocoa butter atau shea butter. Oleskan sambil dipijat dengan gerakan memutar pada kulit dibagian tubuh yang sering timbul stretchmarks, seperti perut, pinggul, paha dan payudara.. Lakukan sejak dari awal kehamilan untuk membantu meningkatkan keelastisan kulit. Semakin kulit elastis, semakin kecil kemungkinan timbulnya stretch marks.
  5. Rutin berolah raga. Khusus untuk ibu hamil, pilihlah olah raga yang ringan dan aman seperti berjalan kaki. Olah raga yang teratur akan membuat seluruh bagian tubuh lebih sehat dan bugar, begitu pula dengan bagian kulit.
  6. Jangan menggaruk kulit yang gatal pada bagian yang sering timbul stretch marks. Jika kulit gatal, sebaiknya dipijat lembut dengan minyak atau cream. Garukan akan menarik dan meregangkan kulit lapisan luar dan tengah sehingga akan lebih membantu terjadinya stretch marks. Memijat kulit sangat disarankan karena akan meningkatkan sirkulasi darah dan membantu merangsang pertumbuhan sel baru, keduanya penting dalam mencegah stretch marks.

 

Sumber : Bayisehat.com

saya cinta Indonesia

Ditulis dalam Artikel, Coret Cepret, TULISAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

STATISTIK
  • 255,135 Kunjungan