Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi – Manusia adalah makhluk yang mempunyai sifat sosial. Sehingga dengan begitu manusia akan membutuhkan komunikasi dengan satu individu dengan individu lainnya. Selain itu, manusia juga mempunyai akal dan pikiran untuk berfikir. Oleh karena itu, dari kedua aspek tersebut, digabungkan menjadi satu dan menjadilah sebuah Teknologi komunikasi.
Teknologi Komunikasi adalah sebuah alat atau perangkat yang menggabungkan aspek sosial yang memungkinkan setiap individu dapat mendapatkan, mengirimkan, dan saling bertukar informasi dengan individu-individu lainnya. Dengan begitu, setiap individu dapat mencari informasi atau data yang dibutuhkan dengan Teknologi komunikasi.

Di era yang maju sangat pesat ini, banyak sekali macam perangkat atau alat yang dapat digunakan sebagai komunikasi. Banyak Teknologi Komunikasi yang berkembang dengan cepat dengan dukungan teknologi yang ada saat ini. Salah satu contohnya adalah teknologi komunikasi melalui media internet.

Perkembangan Teknologi Komunikasi Saat IniĀ 

Teknologi komunikasi saat ini di dunia sangat maju dengan pesat. Jika dulu pada abad ke-17 atau ke-18 nenek moyang kita masih menggunakan pos atau surat menyurat secara fisik, namun pada abad ke-20 ini kita sudah dapat menikmati komunikasi yang dipengaruhi dengan teknologi. Salah satunya tentunya teknologi komunikasi.

Pada awal abad ke-20 muncullah alat komunikasi seperti telepon rumah, radio, fax, dan beberapa alat komunikasi lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman, beberapa alat komunikasi mengalami perkembangan pula. Seperti telepon yang mungkin sekarang mulai banyak ditinggalkan, karena sudah banyak orang yang beralih ke telepon genggam alias handphone.

Dengan diiringi perkembangan teknologi informasi, teknologi komunikasipun berkembang secara pesat. Muncullah istilah seperti teknologi komunikasi cyber yang memungkinkan kita dapat menggunakan teknologi komunikasi baru lagi. Contoh teknologi komunikasi yang menggunakan teknologi cyber atau internet adalah e-mail, chatting, dan lain sebagainya. Teknologi Komunikasi yang seperti itulah yang sekarang digunakan di mana-mana.

Teknologi Komunikasi Digital

Teknologi Komunikasi Digital bisa disebut adalah alat komunikasi jaman sekarang. Karena dengan teknologi ini, kita dapat berkomunikasi dengan cepat, mudah, dan fleksibel. Salah satu teknologi ini adalah handphone atau laptop.
Laptop yang memiliki chip yang dapat terkoneksi internet, memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dengan kita. Contohnya saja Tono yang berada di Indonesia, dapat berkomunikasi dengan Jerry yang berada di Jerman menggunakan alat komunikasi laptop dengan bantuan alat piranti lunak Yahoo Messenger!
Selain manfaat yang tak dibatasi dengan jarak ataupun waktu, manfat efisiensi biaya juga kita dapatkan dengan adanya perkembangan teknologi saat ini. Bayangkan saja jika kita mengirimkan surat seperti jaman dahulu. Kita harus memerlukan biaya untuk mengirimkan surat ke Jerman, ditambah lagi dengan waktu yang diperlukan. Selain itu, hal yang ingin dibicarakan tentunya tidak sedikit. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi komunikasi digital ini, kita sangat dimudahkan untuk mendapatkan informasi atau data dari individu lain yang berada jauh dengan kita.
Iklan

saya cinta Indonesia

Ditulis dalam Artikel, GUNADARMA, Soft Skill

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

STATISTIK
  • 265,970 Kunjungan