Tips Memilih Sepeda

00438883Bersepeda bukan lagi sebagai salah satu sarana tranportasi dekade belakangan ini, namun sudah menjadi sebuah hobi. Dan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan, mungkin harus bertanya kepada diri sendiri, paling sering Anda bersepedaan ke mana atau di mana? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih sepeda.

1. Mountain Bike

Sepeda jenis ini cukup nyaman dikendarai untuk jarak yang jauh. Dan para pesepeda yang punya hobi bersepeda di daerah pegunungan, biasanya sudah sampai tingkat mahir dan tidak perlu diajari lagi cara memilih sepeda. Mereka sudah sangat paham untuk memilih sepeda khusus yang disesuaikan dengan kondisi alam (tanjakan, turunan, berbatu-batu, berpasir atau melompati rintangan). Jangan lupa selain memakai sepeda khusus down hill, persiapkan juga mental Anda, karena penggemar down hill akan mengalami turunan curam yang ekstrem dan tikungan-tikungan yang juga ekstrem.

2. Cross Country

Penggemar sepeda yang senang melewati jalur dari desa ke desa atau istilah kerennya cross country, biasanya memilih sepeda yang nyaman dipakai untuk jalanan off road sederhana dan tetap nyaman ketika dipakai di jalanan aspal. Sepeda ini tidak didesain untuk melahap turunan ekstrem ala down hill atau free ride, tetapi mampu melahap turunan atau tanjakan di bukit, seperti juga sepeda all mountain. Biasanya dikenal dengan nama sepeda hybrid. Cirinya tetap ada suspensi tetapi ukuran ban lebih kecil dibanding sepeda all mountain. Karena ukurannya lebih kecil, maka daya cengkeramannya jadi berkurang, tetapi unggul di jalan aspal karena suspensinya lebih keras dibanding all mountain dan ban juga lebih tipis. Fork (garpu depan) biasanya bisa juga disetel suspensinya, jadi bisa dikunci dan bisa di-release.

3. Sepeda Kota

Sepeda jenis ini biasanya jarang dijumpai di komunitas sepeda. Karena biasanya sepeda jenis ini banyak dipakai untuk keperluan sekolah, ke pasar, ke warung atau ke tempat-tempat dengan jarak terdekat dari rumah Anda. Cirinya ada keranjang dan ada tempat untuk boncengan di belakang.

saya cinta Indonesia

Ditulis dalam Artikel, Coret Cepret, TULISAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

STATISTIK
  • 255,135 Kunjungan