Tips Merawat Batik

3559e9fc35a6e7d2ce6b57e6aa753088Indonesia memang mempunyai kebudayan yang beraneka ragam dan tidak cukup satu kebudayaan jika harus mewakilkan Indonesia maka terciptalah Batik sebagai sebuah identitas untuk Indonesia. Dan tiap tanggal 2 Oktober dijadikan sebagai hari batik nasional, serta pada hari Jumat umumnya masyarakat Indonesia mengenakan batik sebagai seragam wajib. Namun apakah Anda tahu untuk merawat batik agar tetap layak pakai dan tahan lama, berikut caranya.

1. Mencuci

Cucilah batik menggunakan tangan dan jangan memerasnya terlalu keras, jika tidak terlalu kotor sebaiknya hanya merendamnya di dalam air hangat. Hindari juga menggunakan mesin cuci karena akan merusak tekstur kain batik tersebut dan jangan menggunakan sembarang deterjen karena akan merusak atau bahkan membuat luntur warna dan motif batik, jika ingin membilasnya gunakanlah shampo rambut.

2. Menjemur

Hindarilah menjemur batik secara langsung di bawah teriknya sinar matahari karena akan merusak bahan dari batik tersebut. Usahakan menjemur batik di tempat yang teduh dan biarkan mengering secara alami.

3. Menyetrika

Saat Anda menyetrika batik yang kusut hindari menyetrikanya secara langsung. Gunakan alas koran atau kain di atas batik yang akan Anda setrika, jika Anda ingin menyetrikanya langsung pastikan suhu panasnya rendah. Begitu juga saat menyemprotkan parfum, usahakan menggunakan alas karena akan merusak motif batik jika menyemprotnya secara langsung.

saya cinta Indonesia

Ditulis dalam Artikel, Coret Cepret, TULISAN
3 comments on “Tips Merawat Batik
  1. batik sarimbit mengatakan:

    makasih infonya, sangat bermanfaat bagi pecinta batik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

STATISTIK
  • 255,135 Kunjungan