If I Stay – Penulis Gayle Forman

IMG-20141111-01781Jika Aku Tetap Disini. Novel karya Gayle Forman ini rilis pertama kali tahun 2009 di Amerika, namun terbit di Indonesia Februari 2011 lalu, tapi saya selalu kehabisan dan baru bisa pesan pada cetakan ketiga, oktober 2011. Novel yang berkisah tentang pilihan antara hidup dan mati seorang gadis berumur 17 tahun. Gadis yang hidup di keluarga pemusik. Mia Hall merupakann gadis yang berasal dari keluaraga yang bahagia, ia memiliki ibu, ayah dan seorang adik laki-laki yang begitu dekat dengannya. Namun, sebuah kecelakaan tragis di hari bersalju seketika mengubah hidupnya.

Kecelakaan dialami keluarga Mia, kedua orang tua dan adiknya meninggal dunia. Sementara itu, Mia berhasil diselamatkan lalu mengalami koma. Disaat tubuhnya mengalami koma, ruh Mia keluar dari raganya. Mia bisa melihat dirinya sendiri yang tengah terbujur kaku di ruang perawatan Rumah Sakit.

Mia mengalami dilema ketika ia keluar dari dalam raganya. Ia seolah dihadapkan pada dua pilihan berat, tetap hidup namun tanpa keluarga hangatnya atau mati dan meninggalkan adam kekasihnya, sahabat dan saudara yang dicintainya.

Kerennya dalam novel ini terletak pada sudut pandang yang penulis gunakan. Ruh Mia yang keluar dari raganya menjadi pusat dalam novel “If I Stay”. Serta, bagaimana penulis menggambarkan kedekatan Mia, dan keluarganya membuat para pembaca seolah merasakan sendiri kehangatan yang terjadi di anatara, Mia, ibu, ayah dan Teddy.

Selain itu, alur cerita yang maju mundur namun tak membingungkan menambah nilai lebih untuk novel yang satu ini. Seperti ketika Mia sedang melihat tubuhnya yang tak berdaya di dalam ruang operasi, lalu tiba-tiba cerita berpindah kembali dimana Mia sedang bersenda gurau dengan keluarganya. Cerita berpindah dari masa kini kemudian kembali ke masa yang telah lalu, dan begitu seterusnya cerita bergulir hingga akhir. Cukup menyenangkan membaca kisah yang di rangkum mengenai Mia selama 24 jam lamanya ia koma.

Tak hanya sudut pandang dan alur cerita yang baik, novel If I Stay juga mengangkat tema yang begitu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, seperti keluarga, percintaan, persahabatan, dan musik. Saya sebagai seorang pembaca cukup menikmati cerita yang di tuliskan oleh Gayle Forman dari awal sampai akhir.

Novel ini ada sekuelnya lho, Where She Went, karena saya belum sempat ke gramedia jadi entar-entar aja deh, hehehe

Kabar baiknya, film nya “If I Stay” yang saya tunggu-tunggu dari 22 Agustus lalu, saya baru bisa nonton film downloadan.hehe film tersebut gagal tayang di bioskop Indonesia, entahlah saya bukan pengusaha bioskop jadi saya ga If i stay filmtau kenapa. Tapi yang pengen beli Digital HD nya, hari ini udah keluar kok 11 November di www.foxdigitalhd.com atau mau nunggu Blu-ray dan DVD nya nanti 18 november tahun ini.

Kisahnya sama persis dalam novel itu, film yang dibintangi chloe grace sebagai mia, Jamie Blackley sebagai adam, Mireille Enos sebagai Kat, dan lain sebagainyaaaaa.. Namun film yang di sutradai R.J. Cutler itu menurut saya kurang detailnya kisah percintaan Mia dengan Adam atau Mia dengan sahabatnya, Kim. Sebab, menurut saya fokus cerita dalam film ini cukup banyak, seperti Mia dengan keluarganya, Mia dengan kekasihnya, Mia dengan sahabatnya, belum lagi kisah ayah dan ibunya. Selain itu saya cukup kecewa karena review-review banyak menyebutkan bahwa film ini merupakan salah satu film yang bisa membuat seorang yang menontonnya menangis. Tapi nyatanya saya bahkan tidak menitikan air mata sampai akhir cerita. Well, film ini memang membuat saya tersentuh karena Cutler sang sutradara sangat berhasil membuat saya merasakan kehangatan keluarga Hall, saya seperti berada di tengah-tengah keluarga Hall dan merasakan sendiri kebahagiaan mereka didalam keluarga yang penuh dengan musik.

If i stay

saya cinta Indonesia

Ditulis dalam Coret Cepret

Tinggalkan Balasan

STATISTIK
  • 255,135 Kunjungan