Hari Berdarah yang terlupakan

14 Februari, masyarakat Indonesia yang pengen dilihat kebarat-baratan yang sangat menyedihkan menurut saya mungkin keren bagi mereka. Ini bukan soal agama dan kepercayaan tapi ini masalah terima kasih terhadap para pejuang, ini hari PETA (Pembela Tanah Air) dimana kobaran Api Patriotisme dan Nasionalisme Pemberontakan PETA di Blitar terhadap penjajah jepang (sengaja huruf J nya kecil, saya anggap siapapun yang pernah menjajah Indonesia adalah bukan Negara), Shodanco Supriyadi beserta anggotanya menentang sijepang yang pada akhirnya pun kalah dan sang pemimpin Supriyadi pun menghilang tanpa jejak. Tauladan para Pahlawan, keberanian dan semangat perjuangan yang begitu besarnya, karena kecintaan kepada Tanah Air. Tentara PETA rela meregang nyawa untuk menunjukkan bahwa Indonesia mampu sejajar dengan bangsa dan terbebas dari belenggu penjajahan.

Sedih liat generasi bangsa, kanak-kanak disuguhkan valentine day (saya sebut ovaltine) sama-sama identik dengan coklat hahaha. Media berlomba menyuguhkan tema kasih sayang, warna merah muda, cinta-cintaan, apalah lagi membuat saya semakin eneg. Kesadaran akan perjuangan pahlawan-pahlawan Indonesia semakin berkurang dan mereka pun terlupakan. Pendidikan remaja bahkan orang tua sekarang sepertinya langsung SMP tidak pernah menduduki bangku Sekolah Dasar, jelas ada dibuku Sejarah. Atau mereka lupa kah? Atau kalian Buta, karena cinta.

Sungguh ironis sekali, jika pemberontakan PETA BLITAR hanya membekas sebagai sebuah catatan sejarah belaka. Sungguh ironis jika peristiwa heroik itu hanya diagendakan untuk diperingati tiap tahunnya dalam sebuah seremonial tanpa makna. Dan sungguh ironis jika pemerintahan negeri ini, malah membuat rakyatnya miskin dan terjajah, dan tak mampu membuat sejahtera rakyatnya.

Iklan

saya cinta Indonesia

Tagged with:
Ditulis dalam Indonesiaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

STATISTIK
  • 270,724 Kunjungan