Grand Opening Galeri Investasi Universitas Gunadarma

Rabu siang sekitar pukul 11 kurang saya sengaja ke Kampus E Gunadarma yang tidak jauh dari kos-kosan tempat saya tinggal, teringat malam sebelumnya lihat Mentionan twitter Galeri Investasi UG ke UGBlogger  mengenai grand opening diadakan pada Rabu, 29 Juli 2015 jam 09.00-12.00. Karena pagi nya saya ada urusan lain, saya fikir masih sempatlah satu jam untuk mengetahui apa itu Galeri Investasi.

Galeri Investasi, yaitu sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada dunia akademisi. Kerjasama Bursa Efek Indonesia (BEI), Perusahaan Sekuritas dan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia termasuk Universitas Gunadarma. Dengan harapan untuk memperkenalkan Pasar Modal beserta cara memprakteknya dan setiap mahasiswa dapat belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham melalui Galeri Investasi BEI yang menyediakan real time information. Di Gunadarma sendiri menggunakan PT. Valbury Asia Securities sebagai aplikasi online trading.

Tepat pukul 11 saya sampai di Galeri, saya masuk dengan permisi tentunya hehe, saya mendatangi beberapa orang yang duduk di tempat penerima tamu dan bertanya apa tujuan dari didirikannya Galeri ini, dengan sedikit penjabaran tentang Galeri Investasi Universitas Gunadarma, mungkin dua orang wanita itu melihat raut wajah saya masih ingin mengetahui lebih jauh, “ini mas diisi buku tamu nya, untuk melihat perpustakaan galeri ini.” ucap salah satu wanita sambil menyodorkan buku tamu.

Setelah saya mengisi, saya menuju perpustakaan yang letaknya tak jauh dari meja penerima tamu, saya melihat ada beberapa orang semuanya mengenakan baju batik rapi sambil membaca buku. Di perpustakaan ini tersedia buku-buku, data, dan publikasi Bursa Efek Indonesia yang berhubungan dengan investasi saham yang sesuai untuk investor dan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Buku-buku mengenai Pasar modal dari pengenalan sampai buku yang ditujukan untuk pemodal expert terpajang di rak-rak. Saya bingung memulai dari mana tadinya, sampai salah seorang menghampiri dan menunjukkan satu blok rak buku yang disarankan untuk pemula. Dia menunjukkan salah satu jilid’an berisi 40 lebih perusahaan yang recommended untuk penanaman saham (saya lupa apa judul jilid’annya). Tak lama kemudian datang lagi seseorang bernama Banu’, setelah berkenalan dia pun menjelaskan apa yang dimaksud pasar modal dibalas dengan banyak pertanyaan dari saya sampai tak sempat terbaca jilid yang saya ambil di rak tadi. Setelah sekiranya saya mengerti saya diajak ke ruangan trading room dengan berjalan melewati meja penerima tamu dan sedikit menuruni tangga saya di jumpai beberapa orang yang sedang dijelaskan mengenai aplikasi monitoring dan langsung mempraktekkan software analisa teknikal seperti ChartNexus, Amibroker dan Valbury dapat dicoba pada komputer trading room. Kami pun di jelaskan bagaimana cara membeli dan menjual saham dari berbagai perusahaan. Dengan modal 100 ribu untuk membuka rekening kami dapat langsung dapat bertransaksi. Istirahat makan siang, saya pun pergi meninggalkan galeri untuk pulang ke kosan beristirahat, sebelum saya keluar saya bertanya “galeri ini tutup jam berapa?”, kata wanita di meja penerima tamu “kita tutup jam 5 sore” sambil memberi tas yang saya titipkan di lemari penitipan barang. “oh okkay” ucap saya sambil membuka pintu dan beranjak keluar.

Pukul 15:45 saya kembali berencana membuka rekening, karena hari ini grand opening, galeri investasi memberi promo 50 ribu, jadi dengan biaya buka rekening minimal Rp. 100.000′ saya akan mendapatkan saldo 150 ribu di rekening yang nantinya saya gunakan dalam berinvestasi jual beli saham. Dengan mengisi formulir pembukaan rekening efek saya berharap dapat belajar mengenai pasar modal, ternyata ada beberapa yang harus saya lengkapi seperti foto kopi KTP, foto kopi buku rekening/tabungan dan materai 6 ribu, dan saya harus kembali dalam minggu ini. Selesai mengisi formulir saya beranjak keluar galeri dan mendapat bingkisan berupa kaos IDX Bursa Efek Indonesia.

IMG_1680Suasana perpustakaan Galeri Investasi.

IMG-20150729-00209

saya cinta Indonesia

Ditulis dalam Artikel

Tinggalkan Balasan

STATISTIK
  • 270,724 Kunjungan